Rabu, 06 Mei 2015

Pengertian, Tujuan dan Hukum Ilmu Tajwid

Sebagai Muslim, selayaknya bisa membaca kita suci Al-Qur'an karena sebagai Pedoman. Sesungguhnya tidak sebagai pedoman melainkan lebih dari sekedar apa yang saya uraikan ini. Terlebih mengamalkan dan mengajarkannya, maka perlu adanya ilmu yang menunjang. Sebelum jauh mempelajari tentang Ilmu Tajwid, baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian, tujuan dan hukum Ilmu Tajwid.


Tajwid secara bahasa berasal dari kata jawwada, yujawwidu, tajwiidan yang artinya membaguskan atau membuat jadi bagus. Sedangkan pengertian Tajwid menurut istilah adalah :
"Ilmu yang memberikan segala pengertian tentang huruf, baik hak-hak huruf (haqqul harf) maupun hukum-hukum baru yang timbul setelah hak-hak huruf (mustahaqqul harf) dipenuhi, yang terdiri atas sifat-sifat huruf, hukum-hukum madd dan lain sebagainya. Sebagai contoh adalah tarqiq, tafkhim dan yang semisalnya".

Ilmu Tajwid yaitu ilmu yang dipergunakan untuk mengetahui tempat keluarnya huruf (makhraj) dan sifat-sifatnya serta bacaan-bacaannya.

Tujuan Ilmu Tajwid ialah agar orang dapat membaca ayat-ayat Al-Qur'an dengan fasih terang dan jelas serta cocok dengan ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW dan dapat menjaga lisannya dari kesalahan-kesalahan ketika membaca Al-Qur'an.

Hukum mempelajari Ilmu Tajwid adalah Fardhu Kifayah. Fardhu Kifayah artinya kewajiban yang dibebankan pada seluruh ummat. Seseorang tidak diwajibkan melaksanakan suatu tugas jika ada cukup orang dalam kelompok masyarakat telah memenuhinya.

Sedangkan hukum mengamalkan Ilmu Tajwid adalah  Wajib A'in.  Fardhu ain artinya kelompok kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap individu Muslim misalnya sholat lima waktu, hijab dan pergi haji ke Mekkah sekali seumur hidup.

Disi lain, Al-Quran pun sudah mengatakan pada surat Al-Muzammil ayat 4 :
Yang artinya : "Dan bacalah Al-Qur'an dengan Tartil".

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Al-Qur'an, Belajar Tahsin. "Makna Tajwid/Tahsin, Tujuan dan Hukum Mempelajari serta Membaca Al-Quran dengan Tajwid/Tahsin". https://www.facebook.com/BelajarTahsinAlQuran . 27 September 2013. Web. 7 Mei 2015.

Ibadah."Apa Arti Fardhu". http://www.hakikatislam.com. 22 Des 2013. Web. 7 Mei 2015.

Sunarto, Achmad. Pintar Ilmu Tajwid : Tanya Jawab. Surabaya : Al-Miftah, 1999.

1 komentar: